note : BUNGLON_08: metode ilmiah

metode ilmiah


METODE ILMIAH

A. Pengertian Metode

Kata metode berasal dari kata Yunani methodos, sambungan kata depan meta (menuju, melalui, mengikuti) dan kata benda hodos (jalan, cara, arah). Kata methodos berarti: penelitian, metode ilmiah, uraian ilmiah, yaitu cara bertindak menurut sistem aturan tertentu. Sementara itu, metodologi berasal dari kata metode dan logos, yang berarti ilmu yang membicarakan tentang metode-metode. Melihat dari pengertiannya, metode bisa dirumuskan suatu proses atau prosedur yang sistematik berdasarkan prinsip dan teknik ilmiah yang dipakai oleh disiplin (ilmu) untuk mencapai suatu tujuan.
Sementara itu metodologi disebut juga science of methods, yaitu ilmu yang membicarakan cara, jalan atau petunjuk praktis dalam penelitian atau membahas konsep teoritis berbagai metode atau dapat dikatakan sebagai cara untuk membahas tentang dasar-dasar filsafat ilmu dari metode penelitian. Bagi ilmu seperti sosiologi, antropologi, politik, komunikasi, ekonomi, hukum serta ilmu alam, metodologi merupakan dasar-dasar filsafat ilmu dari suatu metode atau langkah praktis penelitian.

B. Ilmu Sebagai Proses

Proses terjadinya pengetahuan adalah masalah yang amat penting dalam epistemologi karena jawaban terhadap terjadinya pengetahuan akan membuat seseorang paham filsafatnya. Jawaban yang sederhana adalah berfilsafat a priori, yaitu ilmu yang terjadi tanpa melalui pengalaman, baik indera maupun batin, atau a posteriori yaitu ilmu yang terjadi karena adanya pengalaman. Dengan demikian pengetahuan ini bertumpu pada kenyataan objektif.

Ada enam hal yang merupakan alat untuk mengetahui proses terjadinya pengetahuan, yaitu:
1.PengalamanIndera (Sense Experience)
Dalam filsafat, paham yang menekankan pada kenyataan disebut realisme, yaitu paham yang berpendapat bahwa semua yang dapat diketahui adalah hanya kenyataan. Jadi ilmu berawal mula dari kenyataan yang dalam diserap oleh indera. Aristoteles adalah tokoh yang pertama mengemukakan pandangan ini, yang berpendapat bahwa ilmu terjadi bila subjek diubah dibawah pengaruh objek. Objek masuk dalam diri subjek melalui persepsi indera (sensasi).
2. Nalar (Reason)
Nalar adalah salah satu corak berpikir dengan menggabungkan dua pemikiran atau lebih dengan maksud untuk mendapatkan pengetahuan baru. Hal yang perlu diperhatikan dalam telaah ini adalah tentang asas pemikiran berikut:
a. Principium Identitas, disebut juga asas kesamaan.
b. Principium Contradictionis, disebut juga asas pertentangan.
c. Principium Tertii Exclusi, disebut sebagai asas tidak adanya kemungkinan ketiga.

3. Otoritas (Authority)
Otoritas adalah kekuasaan yang sah yang dimiliki oleh seseorang dan diakui oleh kelompoknya. Otoritas menjadi salah satu sumber ilmu karena keompoknya memiliki pengetahuan melalui seseorang yang memiliki kewibawaan dalam pengetahuannya. Jadi ilmu pengetahuan yang terjadi karena adanya otoritas adalah ilmu yang terjadi melalui wibawa seseorang hingga orang lain mempunyai pengetahuan.

4. Intuisi (Intuition)
Intuisi adalah kemampuan yang ada pada diri manusia yang berupa proses kejiwaan tanpa suatu rangsangan atau stimulus mampu membuat pernyataan yang berupa ilmu. Karena ilmu yang diperoleh melalui intuisi muncul tanpa adanya pengetahuan lebih dahulu, maka tidak dapat dibuktikan seketika atau melalui kenyataan.

5. Wahyu (Revelation)
Wahyu adalah berita yang disampaikan oleh Tuhan kepada nabi-Nya untuk kepentingan umatnya. Seseorang yang mempunyai pengetahuan melalui wahyu secara dogmatik akan melaksanakan dengan baik. Wahyu dapat dikatakan sebagai salah satu sumber pengetahuan, karena manusia mengenal sesuatu melalui kepercayaannya.

6. Keyakinan (Faith)
Keyakinan adalah suatu kemampuan yang ada pada diri manusia yang diperoleh melalui kepercayaan. Sesungguhnya antara wahyu dan keyakinan hampir tidak dapat dibedakan karena keduanya menggunakan kepercayaan, perbedaannya adalah bahwa keyakinan terhadap wahyu yang secara dogmatic diikutinya adalah peraturan berupa agama, sedang keyakinan adalah kemampuan jiwa manusia yang merupakan pematangan (maturation) dari kepercayaan.

Perkembangan Ilmu Pengetahuan
Zaman pra yunani kuno (abad 15-7 sm)
Manusia masih menggunakan batu sebagai peralatan.
Proses trial and error, manusia melakukan seleksi terhadap alat yang dipergunakan.
Abad 15 sampai 6 sm, manusia menemukan besi, tembaga dan perak.
15 sm besi dipergunakan pertama kali di irak.
Evolusi ilmu pengetahuan dirunut dari :yunani babiolonia, mesir, cina, timur tengah (peradaban islam) dan eropa.
Contoh :
1. Alat perunggu di mesir 17 sm berpengaruh ke eropa.
2. Teknik peralatan perunggu 15 sm di cina.
3. Besi perangkat perang 5 sm dinasti chin
4. India : penemuan desimal, matematik
5. Sistem bilangan dari dinasti mauyra, india titik tolak perkembangan sistem bilangan pada zaman modern.
6. India menemukan roda pemutar untuk tembikar abad 30 sm.
7. Penemuan tersebut punah karena bencana alam maupun peperangan.
8. Warisan penegtahuan didasari know how :pengalaman empirik merupakan salah satu ciri zaman ini.
5 kemampuan di zaman pra yunani kuno :
1. Know how berdasarkan pengalaman
2. Pengalaman diterima sebagai receptive mind
3. Menemukan abjad dan sistem bilangan
4. Kemampuan menulis, berhitung, menyusun kalender
5. Meramalkan situasi besar.



Zaman yunani kuno
Yunani tidak menerima pengalaman pada sikap receptive attitude (sikap menerima begitu saja), melainkan sikap an inquiring attitude (sikap yang senang menyelidiki sesuatu secara kritis) yang menjadi cikal bakal ilmu pengetahuan modern.
Tokoh-tokoh :
1. Thales 9624-548 SM)
Alam semesta berasal dari air. Muncul alasan ; perennial problems, a significant question, suatu hal tidak begitu saja ada, melainkan terjadi dari sesuatu, ciri intelektual maju.
2. Pythagoras (580-500 SM)
Ahli ilmu ukur, bumi bundar dan tidak rata. Dalil pythagoras.
3. Sokrates (470-399 SM)
Maieutike tekhne : metode dialektika untuk melahirkan kebenaran. Dialog-dialog ditulis muridnya plato.
Lebih memetingkan metode dialektika sendiri daripada hasil yang diperoleh.
4. Democritus (460-370 SM)
Bapak atom pertama, atom materi terkecil tidak dapat dibagi-bagi.
5. Plato (427-347 SM)
Hal yang tetap dan tidak berubah yang kekal adalah ide.
Cara mencari dasar kebenaran pengetahuan dari membedakan being (hal ada) dan becoming (menjadi).
Plato lebih menaruh perhatian pada kualitas abstrak pada sifat-sifat umum : kesatuan, keadilan, kebaikan.
Plato eksponen rasionalisme bila menerangkan sesuatu dan eksponen idealisme bila menerangkan nilai /aksiologis.
6. Aristoteles (384 – 322 SM)
Ajarannya digolongkan dalam metafisika (studi tentang ada sebagai ada), logika (susunan berfikri syllogisme) dan biologi (obervasi/pengamatan anatomi hewan).
Zaman pertengahan (2-14 M)
Ilmuwan hampir semua theolog
Ditemukan astronomi pada bani umayah, abad 7 M
Khalifah al makmun mendirikan : house of wisdom
Al Khawarizmi menyusun aljabar
Omar Khayam : penyair, ahli perbintangan dan matematika.
Tahun 600-700 M, obor kemajuan ilmu pengetahuan berada di peradaban islam, seperti Al Razi, Ibnu Sina, Rhazas, Abul Qasim, Ibnu Rushd, Al Idrisi, hubungan timur dan barat selama perang sabil penting untuk kebudayaan Eropa.
Ekspansi arab mengambil kebudayaan Byzantium, Persia, Spanyol, sehingga kebudayaan Islam lebih tinggi dari Eropa.
Universitas Baghdad, Damsyik, Beirut dan Kairo menyimpan dan meneruskan warisan ilmiah dari India, Persia, Yunani dan Byzantium.
Pengaruh Islam di Cina ditandai dengan didirikan observatorium oleh Jamal Al Din. Ikhtiyar al din merancang istana raja di Laut Utara Beijing.
Zaman Renaissance
Era kebangkitan yang bebas norma-norma agama
Merindukan pemikiran yang bebas seperti Zaman Yunani Kuno sehingga disebut animal rationale tanpa campur tangan ilahi.
Bidang yang maju pada masa ini : atronomi.
Tokohnya :
• Roger Bacon : pengalaman empirik menjadi landasan utama bagi awal dan akhir semua ilmu pengetahuan.
• Copernicus : heliosentrisme
• Tycho brahe : bintang cemerlang selama 16 bulan : supernova.
• Johannes keppler : ahli matematika
• Galileo galilei : menanamkan pengaruh kuat bagi perkembangan ilmu penegtahuan modern : pengamatan, penyingkiran, idealisasi, penyusunan teori spekulkatif, peramalan, pengukuran, percobaan.
Zaman modern
Sudah dirintis sejak renaissance awal abad 16.
Eropa dipandang sebagai basis perkembangan iptek.
Tokohnya ;
Rene descartes (1596-1650)
Bapak filsafat modern. Ahli ilmu pasti.
Menemukan orthogonal coordiante system dan analytic geometry.
Langkah-langkah metode berfikir menurut descartes :
1. Tidak menerima apa pun sebagai hal yang benar, kecuali kalau diyakini sendiri bahwa itu memang benar;
2. Memilah-milah masalah menjadi bagian-bagian terkecil untuk mempermudah penyelesaian ;
3. Berfikir runtut dengan mulai dari hal yang sederhana sedikit demi sedikit untuk sampai ke hal yang paling rumit;
4. Perincian yang lengkap dan pemeriksaan menyeluruh diperlukan supaya tidak ada yang terlupakan.
Isaac Newton (1643-1727)
Penemuan di bidang teori gravitasi, perhitungan calculus dan optika.
Charles Darwin
Penganut teori evolusi : teorinya terkenal dengan perjuangan untuk hidup (struggle of life).
JJ Thompson (1897)
Menemukan elektron yang menfalsifikasi atom materi terkecil.
Bagian-bagain atom : elektron, proton, neutron, meson.
Zaman Kontemporer (abad 20 dst)
Bidang fisika menempati kedudukan yang tinggi karena dipandang sebagai dasar ilmu pengetahuan yang subjek materinya mengandung unsur fundamental.
Albert Einstein : percaya akan kekekalan materi
Ditandai dengan penemuan teknologi canggih, teknologi informasi dan internet juga timbulnya bidang-bidang spesialisasi seperti bioteknologi, psiko-linguistik dll.

C. Metode Ilmiah

Metode ilmiah merupakan prosedur dalam mendapatkan pengetahuan yang disebut ilmu, dimana ilmu merupakan pengetahuan yang diperoleh lewat metode ilmiah. Metode ilmiah merupakan ekspresi tentang cara bekerja pikiran yang diharapkan mempunyai karakteristik tertentu berupa sifat rasional dan teruji sehingga ilmu yang dihasilkan bisa diandalkan. Dalam hal ini metode ilmiah mencoba menggabungkan cara berpikir deduktif dan induktif dalam membangun pengetahuan. Teori ilmu merupakan suatu penjelasan rasionil yang berkesuaian dengan objek yang dijelaskannya, dengan didukung oleh fakta empiris untuk dapat dinyatakan benar. Pendekatan rasional yang digabungkan dengan pendekatan empiris dalam langkah menuju dan dapat menghasilkan pengetahuan inilah yang disebut metode ilmiah. Alur berpikir yang tercakup dalam metode ilmiah dapat dijabarkan dalam beberapa langkah yang mencerminkan tahap-tahap dalam kegiatan ilmiah. Kerangka berpikir ilmiah yang berintikan proses logico-hypothetico-verifikasi ini pada dasarnya terdiri dari langkah-langkah berikut:

1. Perumusan masalah
Merupakan pertanyaan mengenai objek empiris yang jelas batasannya dan faktor yang terkait dapat diidentifikasi.

2. Penyusunan kerangka berpikir dalam pengajuan hipotesis
Merupakan argumentasi yang menjelaskan hubungan yang mungkin terdapat antara berbagai faktor yang saling terkait dan membentuk konstelasi permasalahan, yang disusun secara rasionil berdasarkan premis ilmiah yang telah teruji kebenarannya.

3. Perumusan hipotesis
Merupakan jawaban sementara terhadap pertanyaan yang diajukan yang materinya merupakan kesimpulan dari kerangka berpikir yang dikembangkan.


4. Pengujian hipotesis
Merupakan pengumpulan fakta yang relevan dengan hipotesis yang diajukan untuk memperlihatkan adanya fakta pendukung hipotesis.

5. Penarikan kesimpulan
Merupakan penilaian diterima atau tidaknya sebuat hipotesis. Hipotesis yang diterima kemudian dianggap menjadi bagian dari pengetahuan ilmiah karena telah memenuhi persyaratan keilmuan, yaitu mempunyai kerangka kejelasan yang konsisten dengan pengetahuan ilmiah sebelumnya dan telah teruji kebenarannya.

Keseluruhan langkah tersebut harus ditempuh agar suatu penelaahan dapat disebut ilmiah. Hubungan antara langkah yang satu dengan lainnya tidak terikat secara statis melainkan bersifat dinamis dengan proses pengkajian ilmiah yang tidak semata mengandalkan penalaran melainkan juga imajinasi dan kreativitas. Pentingnya metode ilmiah bukan saja dalam proses penemuah ilmu pengetahuan, namun terlebih lagi dalam mengkomunikasikan penemuan ilmiah tersebut kepada masyarakat ilmuwan.


















DAFTAR PUSTAKA


• http://id.shvoong.com/writers/papapfarras/
• http://meetabied.wordpress.com/2009/11/22/metode-ilmiah-ilmu-sebagai-proses/

0 Response to "metode ilmiah"

Posting Komentar